Monday, June 5, 2017

Tempat Wisata Di Ponorogo Paling Keren

Ponorogo adalah sebuah Kabupaten yang terletak di sebelah barat provinsi jawa timur. Reyog ponorogo dikenal sebagai kota karena di kota inilah seni ini lahir. Reyog sudah dikenal di seluruh dunia dan menjadi ikon sekaligus potensi wisata budaya bagi Ponorogo. Kota ini mendapat julukan tanah disamping Wengker yang memiliki daya tarik budaya juga membuat pesona wisata lain yang mungkin ada beberapa dari kita belum tahu. Kali ini saya mencoba menulis dan memunculkan pesona wisata Ponorogo, Ponorogo, khususnya Timur.

Ponorogo Timur merupakan bagian dari Ponorogo yang berada di sebelah Timur dari Pusat Pemerintahan Daerah. Kecamatan Ponorogo Timur Ngebel, Kecamatan Pulung Sooko, Kecamatan dan Kecamatan Pudak. Kecamatan keempat di lereng selatan Gunung Wilis. Kecamatan ke empat memiliki potensi wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Potensi wisata berikut ini terletak di bagian timur Ponorogo.

1.Telaga Ngebel


Telaga Ngebel sudah biasa bagi kebanyakan orang, juga terletak di Kecamatan Ngebel yang memukau pemandangan Danau. Danau ini terletak sekitar 30 km dari kota. Setiap tanggal 1 Muharram dalam ketenangan risalah doa Larung ini diadakan sebagai bagian dari peringatan Grebeg Suro.

2. Air Terjun Pletuk


Air terjun Pletuk adalah air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter berda Sabtu di Desa Desa di Provinsi Riau, Kranggan, Kecamatan Sooko. Air laut yang jatuh menghasilkan buih buih-imut ditambah pemandangan sekitar air terjun Hijau yang membuat pengunjung senang berlama-lama di tempat ini.

3. Tanah goyang


Tanah Shake adalah lahan luas yang berada di tengah hutan pinus di lereng Gunung Wilis, di Kecamatan Pudak. Dinamai tanah goyang karena kalau kita menginjak tanah akan bergerak dan bergoyang-goyang.


4. Coban Lawe


Coban adalah istilah dari air terjun. Coban Lawe adalah air terjun yang terletak di Kecamatan Pudak di Desa Krisik. Coban Lawe berada di tengah alam hutan dan tidak banyak dikunjungi. Air Coban berasal dari lereng Gunung Lawe Wilis dan sangat jernih. Ada beberapa air terjun di sekitar Coban Lawe tapi tak tersentuh.

5. Air terjun Toyomerto


Air terjun ini terletak di Kecamatan Ngebel kira-kira 5 km dari Danau, di dusun Toyomerto Village mati. Air terjun ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo. Air terjun ini terdiri dari 2 tingkat air di sungai yang jatuh dari tebing batu. Setiap tingkat memiliki tinggi 25 sampai 30 meter.

6. Mount Bedes


Selain air, potensi tempat wisata di bagian Ponorogo Timur adalah gunung. Gunung bedes adalah potensi wisata. Tempat Tidur Gunung / Bukit besar-desa di dusun Ngadirojo Sooko layak dikunjungi karena puncaknya kita bisa menikmati sifat Ponorogo. Dari KTT kita juga bisa mengabadikan momen melalui kamera dengan tempat yang menantang dan pemandangan Gunung Bayangkaki.


7. Mandi panas


Hot Springs terletak di dusun aliran sungai Tops dari desa Wagir Lor kecamatan Ngebel. Hot Springs terletak di sisi selatan Danau Ngebel, sekitar 3 km dari danau. Air panas dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit pada kulit.


8. Times Keyang


Keyang adalah sebuah istilah dari arus waktu yang mengalir dari lereng Gunung Wilis melalui Sub Sooko ke Sungai Madiun. Dalam arus sungai bisa dijadikan tempat memancing alami dengan pemandangan alam disekitar sungai yang disangga. Dalam arus Sungai akan dibangun Waduk Bendo yang berada di bawah Gunung Bayangkaki.

9. Goa Maria Fatima


Selain potensi wisata alam, bagian Ponorogo Timur juga memiliki potensi wisata religius. Potensi antara lain Goa Maria Fatima. Goa Maria Fatima di desa kecamatan Klepu, Sooko adalah kepercayaan umat Katolik. Tempat ini selalu ramai dikunjungi para peziarah dari Ponorogo, Ponorogo luar dan bahkan dari luar Jawa Timur. Terletak di bawah pegunungan dilereng dan hutan pinus membuatnya sangat nyaman untuk dikunjungi. Maka para peziarah yang datang ke tempat ini merasa diterima karena kesejukannya. Di tempat ini juga ada mata air (pegas) yang bernama Sendang Waluya Jatiningsih.

No comments:

Post a Comment