Saturday, June 3, 2017

Kuliner Temanggung Yang Paling Populer

Kabupaten Temanggung, yang terletak di Provinsi Jawa Tengah memang merupakan kota yang relatif kecil. Tapi jangan salah sangka tempat ini anda akan menemukan berbagai keunikan salah satunya, yaitu wisata kuliner di Temanggung. Berbagai makanan dari berbagai daerah tersedia di sini tapi ada beberapa spesialisasi di kota ini yang belum banyak dipikirkan orang. Makanan oleh temanggung menjadi populer saat ini antara daerah sekitar masyarakat seperti, Kabupaten Magelang dan Wonosobo Semarang. Hal ini didorong oleh munculnya jenis makanan lain di daerah tersebut. Keistimewaan berikut Kabupaten Temanggung:

1. Nasi Goreng Mbako



Sego Mbako Goreng atau dalam bahasa Inggris dan di Indonesia nasi goreng merupakan salah satu spesialisasi yang ada di Temanggung, dari namanya saja sudah terdengar unik. Nasi nasi goreng ini terinspirasi dari komoditi asal Temanggung sendiri yaitu srintil Tembakau dan Kopi. Nasi goreng ini diberi beberapa daun tembakau, sehingga daun tembakau benar-benar dimasak dengan bawang dan daging ayam. Tapi tembakau tidak akan meracuni tubuh karena sudah melalui proses yang panjang. Tembakau daun dalam nasi goreng ini tetap pahit meski telah dimasak sedemikian rupa namun jika dimakan dengan daun padi tidak akan pahit. Hanya dengan harga Rp. 13.000 kita sudah bisa menikmati hidangan ini. Nasi goreng ini bisa ditemukan di salah satu tempat makan di Teamanggung yaitu "tempat makan Bersenyum Temanggung". Lokasinya juga sangat sentral sehingga mudah dijangkau oleh siapa saja yang akan mencobanya di sebelah barat kota Temanggung alon-alon.

2. Bakso Uleg



Makanan yang satu ini juga unik di Temanggung dan merupakan jantung dari temanggung. Bakso yang satu ini berbeda dengan daerah lain karena namanya uleg bakso. Sebenarnya diuleg tidak segarnya bola cabe rawit yang diuleg. Diuleg cabe yang merupakan makanan khas yang satu ini, jadi ini bukan bakso algi yang menggunakan sambal umumnya adalah bakso lainnya. Cabe rawit segar diuleg langsung dimangkoknya, sehingga rasa pedasnya menghantam lidah. Sebagian bakso yang berisi 5 bakso bundar, pangsit tahu goreng, isi dan irisan ombak ini hanya dijual seharga Rp. 10.000. Sangat terjangkau untuk kalangan menengah atau bawah dan atas. Bakso bisa uleg muncul di JL. Jend. Sudirman No. 48 A Temanggung

3. Nasi Godhok Pak Mul



Makanan terakhir terletak di depan tetangga Temanggung BNI46 persis dengan Apotik Krisna. Dengan ciri khas makanan gurih ini banyak dicari masyarakat di luar Temanggung. Ini dibuat dari campuran bawang putih gurih, kecap, tomat, bawang hijau, seledri, dan kantung kaldu ayam kampung. Potongan nasi dan mie rebus irisan daging ayam tentu akan lebih nikam jika dimakan dengan leher ayam atau ati rempela. Beras yang dished dengan Pak Mul hanya buka saat malam telah tiba yaitu dari pukul 19.00 sampai 24.00.

No comments:

Post a Comment