Friday, May 19, 2017

7 Kuliner Khas Ponorogo Yang Harus Dicoba

Wisata Kuliner Ponorogo Yang Harus Dicoba


Ponorogo adalah Kabupaten (Jatim) Jawa Timur yang terletak paling barat. Asal usul kota laudyms kenesnian memiliki objek wisata sekaligus budaya yang membuat pengunjung menyambut. Selain itu, kuliner Ponorogo juga tak kalah menariknya, banyak spesialisasi yang membuat perut terasa lapar. Penasaran dengan makanan lezat apa pun di Ponorogo yang menggoda? Nah, artikel ini akan mengulas informasi tentang berbagai macam khayalan kota kuliner.

Sementara ini sangat mudah untuk mendapatkan informasi tentang kuliner Ponorogo baik dari penduduk setempat maupun dari iklan di media cetak atau media sosial. Sate Ponorogo menjadi yang paling identik dengan kota di ujung barat Jawa Timur. Namun, jika di telisik Selanjutnya, Ponorogo masih memiliki spesialisasi lainnya tidak kalah. Aneka masakan mulai dari daging hingga sayuran-dagingan semuanya tersedia. Berikut adalah beberapa daftar kuliner khas Ponorogo yang harus Anda ketahui.

1. Sate Ponorogo


Makanan apa saja yang terbuat dari daging ayam di tusuk sate bambu dengan bilahan ini disebabkan sebagai harta karun kuliner Ponorogo. Hampir setiap sudut kota, Anda bisa menemukan penjual sate Ponorogo mulai dari vendor hingga toko sekalipun. Jika ingin menikmati makanan lezat di tempat yang cukup nyaman, Anda bisa datang ke Brasserie Banyu Bening Ponorogo. Selain menyediakan makanan spesial, menu yang diunggulkan disini adalah nila goreng. Restoran ini bisa menampung hingga 70 orang, Anda bisa dengan nyaman makan bersama keluarga atau rekan kerja.


2. Sate Kopok


Sate Ponorogo masakan kopok adalah makanan yang cukup terkenal karena nikmatnya. Berbeda dengan sate Ponorogo yang umumnya disajikan dengan selai Sate kopok yang dilengkapi dengan santan kental dicampur dalam saus sambal. Hidangan pelengkap lainnya yang menyertai sate kopok ini adalah sayur loth dan tempe. Soal rasa tak pernah ditanyakan, sudah dijamin ayam tender enak - dicampur dengan santan gurih dan cabe segar. Harga yang dibandrol untuk satu porsi sate cukup terjangkau yaitu dari Rp. 7.000.

3. Kelso, Ponorogo


Menu lain yang tak lepas dari komunitas lidah kota Laudyms ini adalah Kelso Ponorogo. Makanan yang terbuat dari berbagai sayuran dengan ramuan khas kacang biasanya dimakan dengan nasi dan digoreng. Pagi, siang, atau malam, Anda bisa menemukan makanan yang satu ini dengan mudah. Salah satunya, Anda bisa datang ke Brasserie Joglo Sweet Ponorogo yang menyajikan aneka makanan khas. Restoran yang terletak di Jalan Sultan Agung menyajajikan selain khas Ponorogo ini juga berisi masakan khas Jawa lainnya.

4. Makanan Goreng


Makanan ini adalah makanan yang dioleh dengan bahan dasar singkong atau singkong yang sudah basah lalu diparut. Makanan yang berhubungan dengan makanan orang miskin sudah cukup langka untuk ditemukan. Di salah satu sub yang ada di Ponorogo Yaitu Sub Ngebel, Anda akan menemukan makanan gorengan yang lezat. Untuk makan gorengan Ngabel, Ponorogo lebih mantap, biasanya ditemani ikan atau ngongok nila. Penasaran dengan spesialisasi Ponorogo ini langka dimulai? Silakan mengunjungi kios-kios di Ngabel.

5. Pancake, Ponorogo


Makan satu ini bisa dinikmati sebagai menu sarapan pagi saat Anda berada di Ponorogo. Bagaimana makan pancake Ponorogo biasanya disertai santan dan gula aren disajikan saat panas. Untuk menemukan makanan lezat ini, Anda bisa semua jalan di pagi hari ke masjid dan daerah sekitar Ponorogo, Tebing Tonatan, Bayan, dan pasar Legi. Para penjual sudah mulai menjajakan dagangan setelah sholat fajar. Harganya dipatok dengan satu panekuk yang cukup terjangkau.


6. Dawet Jebung


Selain makanannya, ada juga yang khas dengan minuman khas Ponorogo yang begitu menyegarkan. Diantaranya dikatakan memiliki jebung dawet Roman length yang secara unik memberi saran agar anak perempuan menemukan jodoh. Sama seperti di Umum, dawet jabung terdiri dari cendol, santan, dan sirup. Yang membuat ini khas dari dawet sirupnya yang terbuat dari nanas kelapa menghasilkan rasa air yang lebih segar. Untuk menemukan minuman khasnya terbilang mudah karena banyak jagoan menjajakannya.

7. Cemoe lainnya


Jika dawet jebung lebih enak disajikan dingin dan dinikmati di siang hari, wedan cemoe justru kebalikannya. Wedang camoe terbuat dari campuran roti tawar, bawang goreng, kacang goreng dan santan matang dengan daun jahe dan pandan. Terkadang ada juga penjual yang menambahkan irisan kolang kaling, mutiara dan susu kental manis. Minuman ini sangat cocok untuk satu hari di malam hari menikmati kehangatan tubuh. Hampir setiap sudut kota Ponorogo ada penjual yang menjajakan wedang cemeo ini, jadi tidak sulit menemukannya.

No comments:

Post a Comment